Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanamkan Rasa Semangat Didalam Diri Itu Ternyata Sederhana

Semangat peserta MPLS

Pagi ini Senin, 29 September 2014. Udara dingin sangat terasa dikota bagian timur provinsi Jawa Timur yang terkenal sebagai kota tape ini. Sesampai di sekolah melihat warga sekolah mulai sibuk mempersiapkan kelengkapan kegiatan belajar dan mengajarnya. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 06.50, 10 menit lagi bel tanda masuk sekolah berbunyi. Setiap pagi sebelum menjalani aktivitas harus menata hati dan fikiran agar semangat betul-betul tertata. Semangat itu harus, karena dengan semangat apapun dengan percaya diri bisa dilakukan. Menanamkan rasa semangat didalam diri itu ternyata sederhana. Kadang orang tidak semangat dikarenakan beberapa hal antara lain:

1. Kurang sehat/ sakit,
2. Banyak pikiran,
3. Merasa paling sibuk,
4. Merasa paling sedih,
5. Merasa paling gak beruntung, dan
6. Merasa paling gak bisa.

Itulah yang sering dirasakan setiap orang sehingga dia tidak semangat. Padahal membangun semangat itu sederhana sekali, yaitu dengan cara:

Jaga Kesehatan
Dengan istirahat dan makan yang cukup untuk membrkali fisik melakukan aktivitas. Dengan fisik yang siap maka semangat itu mudah untuk dibangun.

Berpikir Positif
Sebanyak apapun tugas yang harus difikir jangan pernah mengajak fikiran kita kearah yang negatif. Apapun itu pikir positif saja dan semua masalah segera selesaikan tanpa menundanya sehingga setiap masalah segera selesai dan tidak menumpuk.

Jangan Merasa Paling Sibuk
Beratnya menyelesaikan tugas sebenarnya bukan terletak pada esensi seberapa rumit tugas yang kita kerjakan, tetapi terletak bagaimana kita menganggap dan memotivasi diri kita bahwa kita bisa dan mampu untuk menyelesaikannya.
Merasa paling sibuk justru akan melemahkan diri kita, karena mereka menganggap orang lain santai-santai dan dia merasa tidak pernah memiliki waktu bersantai. Berawal dari anggapan itu maka apa yang dia lakukan akan terasa berat dan akhirnya pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik.

Jangan Merasa Paling Sedih
Ketika kita mendapatkan kesenangan selalu bergembira yang berlebihan dan bahkan tidak ingat bahwa suatu saat akan datang pula saat-saat sedih. Dan ketika sedih manusia tak jarang berpikir bahwa dia merasa orang yang paling sedih dan orang yang paling tidak beruntung didunia. Dia merasa sendiri dan menhukumi dirinya sebagai orang yang ditakdirkan tidak pernah punya kebahagiaan. Padahal anggapan itu salah, karena kebahagiaan dan kesedihan itu setiap manusia pasti pernah merasakan, rasa dan kondisi itupun memang datang dalam kehidupan secara silih berganti. Itulah hidup. Selalu bersyukur terhadap apa yang didapat dan apa yang telah terjadi itulah kunci kabahagiaan.

Jangan Merasa Paling Tidak Bisa
Siapa pun orangnya jika dalam dirinya sudah ditanamkan pemikiran bahwa dia tidak bisa maka rasa percaya diripun akan menurun, dan jika itu terjadi maka sudah tentu dia tidak bisa menjalani kegiatan dengan baik dan hatinya merasa selalu was-was.
Percayalah bahwa kamu pasti bisa dan selalu bisa menyelesaikan masalah dan pekerjaanmu dengan baik. Bekal yang paling utama seseorang untuk bisa adalah berawal dari rasa percaya diri dan yakin bahwa dia mampu untuk melakukan.

Sahabat-sahabat.... semangat itu sederhana, tersenyumlah dan hiasilah fikiranmu dengan hal-hal yang positif maka kamu akan selalu SEMANGAT. :) :) :) by Sahabat Pilihan



2 comments for "Cara Menanamkan Rasa Semangat Didalam Diri Itu Ternyata Sederhana"