Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penilaian Akhir Semester

Halo sahabat pilihan, bagaimana apakah masih haus dengan wawasan baru? itu harus, kita harus selalu kehausan dengan wawasan, karena dengan itu kita akan kaya pengetahuan, makin banyak yang kita ketahui makin bijak sikap kita dalam menjalani hidup ini. Para sahabat yang saya cintai, kali ini saya akan membahas Penilaian Akhir Semester yang biasa disingkat PAS.

Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer

Di dunia pendidikan mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi dalam periode tahun pembelajaran dibagi atas dua semester yang biasa disebut semester ganjil dan semester genap. Semester ganjil dilaksanakan selama enam bulan dan semester genap juga dilaksnakan selama enam bulan, jadi genaplah dua belas bulan atau satu tahun pelajaran. Tahun pelajaran secara nasional dimulai pada bulan Juli dan berakhir pada bulan juni tahun berikutnya. PAS adalah istilah baru di dunia anak sekolah, dulunya PAS ini namanya Ujian Akhir Semester (UAS) tetapi karena beberapa kali terjadi perubahan kebijakan kurikulum dan beberapa kali penyesuaian revisinya maka UAS itupun juga terimbas berganti nama menjadi PAS. PAS ini diselenggarakan oleh satuan pendidikan untuk menguji ketuntasan belajar peserta didiknya. PAS dilaksanakan setelah peserta didik tuntas dalam mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS). PAS merupakan ujian ketuntasan siswa dalam mengakhiri masa studinya disetiap semester.

Semester Ganjil
Semester ganjil dimulai bulan Juli sampai dengan bulan Desember. Semua mata pelajaran yang diprogramkan dalam satu semster telah disampaikan dan dikuti oleh peserta didik, maka PAS ini menjadi kegiatan akhir belajar peserta didik dalam satu semester, peserta didik akan mendapatkan judgment dari hasil PAS, apakah peserta didik itu tuntas atau tidak tuntas dalam mengikuti proses pembelajaran.

PAS biasanya dilaksanakan pada akhir bulan November atau awal bulan Desember. Peserta didik yang dinyatakan tuntas berdasarkan hasil ketuntasan seluruh nilai mata pelajaran pada PAS semester ganjil maka berhak melanjutkan kesemester genap. Semua satuan pendidikan di Indonesia menjadikan ketuntasan belajar pada setiap semester sebagai syarat kenaikan kelas peserta didik. 

Semester Genap
Semester genap dimulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni. Berbagai kegiatan belajar mengajar yang diprogramkan pada semester genap akan diselesaikan oleh pendidik dan peserta didik dan pada akhir sesi program peserta didik akan mengikuti PAS yang diselenggarakan satuan pendidikan. PAS semester genap merupakan PAS yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran. Ketuntasan belajar peserta didik setelah PAS semester ganjil dan PAS semester genap akan menjadi syarat utama kenaikan kelas peserta didik. Peserta didik yang dinyatakan naik kelas maka mereka akan menempuh program pembelajaran yang diprogramkan pada semester ganjil dan semester genap pada tahun pelajaran selanjutnya dan pada kelas satu tingkat lebih tinggi. Sedangkan peserta didik yang dinyatakan belum tuntas pada semester ganjil dan atau pada semester genap akan mengulang proses pembelajran pada semester ganjil dan semester genap pada tahun pelajaran selanjutnya di kelas yang sama.

Melalui keterangan di atas ditemui bahwa ketuntasan peserta didik dalam mengikuti Penilaian Akhir Semester menjadi sesuatu yang sangat berarti, karena itulah peserta didik harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar saat mengikuti PAS mendapatkan hasil nilai tuntas.

Inilah cara cerdas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester:

  1. Sejak awal semester peserta didik hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan maksimal. Caranya: (a) Ikuti semua mata pelajaran yang disampaikan, (b) Jangan pernah bolos sekolah kecuali karena sakit atau karena ada hal yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan, karena kehadiran peserta didik merupakan penilaian yang sangat penting dalam menentukan ketuntasan belajar, (c) Segera kerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan segera kumpulkan sebelum batas akhir waktu pengumpulan. 
  2. Belajarlah sejak awal semester, jangan menerapkan cara belajar sistem kebut semalam. Bacalah materi-materi pelajaran sebelum dan sesudah anda menerima materi pelajaran di kelas, tujuanya adalah agar anda sudah memiliki gambaran terkait isi materi sebelum materi itu dibahas di kelas, dan setelah pembahasan materi dikelas anda baca ulang materi tersebut dirumah atau ditempat lain untuk mengukuhkan pemahaman anda terhadap isi materi. 
  3. Sebelum menjelang PAS dilaksnakan, banyak-banyaklah berlatih membaca dan mengerjakan soal-soal latihan. Soal-soal latihan PAS materi pelajaran sekolah sekarang sudah bisa kita dapatkan di internet. Ini adalah cara belajar yang sangat efektif daripada anda menghabiskan waktu untuk membaca dan menghafal materi. Saat menjelang PAS perbanyak membaca soal-soal agar anda terlatih untuk memahami soal dan deretan pilihan jawaban yang disediakan. Dengan kecepatan anda memahami soal maka akan tersedia banyak waktu untuk anda gunakan memikirkan jawabannya.

Setelah para peserta didik mempersiapkan dirinya untuk mengikuti Penilaian Akhir Semester kemudian apa yang harus dilakukan saat melaksanakan PAS?

Ketika peserta didik melaksanakan PAS, cara yang tepat untuk dilakukan adalah:
  1. Malam hari sebelum ujian dilaksanakan gunakan waktu anda untuk beristirhat yang cukup agar fisik anda sehat dan tidak mengalami gangguan saat anda mengerjakan soal-soal PAS. Kesehatan merupakan hal paling penting yang harus dimiliki peserta PAS agar lebih maksimal menggunakan daya pikirnya untuk fokus menghadapi soal-soal PAS.
  2. Berdoalah, dan mintaklah bantuan doa kepada orang tua dan kesiapapun orang yang anda temui. Berdoa merupakan kewajiban setiap makhluk, Berdoalah agar ujian anda mendapatkan kemudahan dan kelancaran dari Allah Swt.
  3. Jangan bangun tidur terlambat. Segera bangun dan segera melakukan persiapan untuk berangkat kesekolah. Kehadiran anda disekolah dan ditempat pelaksanaan PAS akan membuat mental anda lebih siap dan percaya diri.
  4. Ketika bel masuk sekolah dan dipersilakan masuk keruang PAS maka segeralah masuk dan duduk ditempat duduk yang sudah disediakan untuk anda.
  5. Persiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal, jika PAS dilaksanakan dengan paper test maka jangan lupa alat tulis sudah anda siapkan dan dipastikan alat tulis tersebut dapat digunakan dengan baik. Apabila PAS dilaksanakan menggunakan media komputer atau media elektronik lainnya, persiapkan medianya, jika ada kendala dengan perangkat media segera koordinasikan dengan pengawas PAS atau teknisi ruangan PAS.
  6. Hindari melakukan pelanggaran tata tertib PAS. Kepatuhan peserta didik dalam melaksanakan proses PAS merupakan jaminan kesuksesan ujian anda, karena pengawas ruang PAS akan menegur anda dan bahkan akan memasukkan pelanggaran anda kedalam berita acara, dan ini akan mengakibatkan hal fatal yang akan dijadikan catatan oleh guru pengampu materi PAS.
  7. Berdoalah sebelum anda memulai menyelesaikan soal-soal PAS yang disajikan untuk anda. "Ya Allah berilah saya petunjuk dan kemudahan untuk melaksanakan PAS, jika saya mampu mengerjakan maka jagalah kebenaran jawaban ku, dan jika saya tidak mampu mengerjakan soal maka tuntunlah saya untuk menjawab atau memilih jawaban pada jawaban yang benar. Aamiin"
  8. Jika waktu ujian sudah mulai maka segera bacalah soal dengan teliti, pahami dan tentukanlah jawaban tanpa terburu-buru dengan tetap memperhatikan waktu yang disediakan.
  9. Pada saat anda mengerjakan soal PAS jagalah integritas anda dengan baik, jangan pernah melakukan hal-hal yang tidak mulia seperti menyontek, bertanya kepada teman, dan melakukan tindakan curang yang lainnya. Karena hal ini hanya akan membuat anda rugi. Percayalah bahwa anda mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik.
  10. Setelah semua soal selesai anda kerjakan, jika waktu yang disediakan masih ada maka teliti ulang soal-soal yang mungkin anda masih ragu-ragu atas jawabannya. Jika waktu sudah habis segera akhiri ujian dan ikuti petunjuk pengawas ruangan untuk tindakan selanjutnya. Jika anda dipersilakan untuk meninggalkan ruang PAS segera tinggalkan ruang PAS dengan tertib.
  11. PAS satu mata pelajaran telah anda ikuti, dan jika nilainya tidak tuntas segera hubungi guru pengampu mata pelajaran untuk mengajukan jadwal ujian perbaikan nilai. Jika nilai anda sudah tuntas maka bertanyalah kepada guru pengampu apakah ada tugas-tugas lain yang belum tuntas. Jika semua sudah tuntas maka anda dapat melanjutkan persiapan PAS pada mata pelajaran yang lainnya.

Para sahabat pilihan itulah ulasan tentang Penilaian Akhir Semester dan apa saja yang harus dilakukan peserta didik untuk mengikutinya. Semoga menambah wawasan para sahabat pilihan dan semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan tinggalkan catatan di kolom comment dan agar tidak ketinggalan update artikel terbaru kami silakan klik tanda lonceng biru pada pojok kanan bawah halaman ini. Terima kasih.

Post a Comment for "Penilaian Akhir Semester"